Manajemen Organisasi

Manajemen organisasi dapat diartikan sebagai sebuah perencanaan pada suatu perkumpulan atau organisasi untuk mencapai tujuan. Dipimpin oleh seseorang dan di bantu oleh orang lain yang memiliki tugas untuk mencapai tujuan bersama. Management organisasi merupakan salah satu tolak ukur tercapai atau tidaknya tujuan kita. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya sebuah tujuan yang kita rancang tidak bisa dilakukan seorang diri dan perlu adanya campur tangan (bantuan) orang lain secara terstruktur atau terancang.

Dengan adanya manajement organisasi maka akan muncul yang namanya fungsi manajement organisasi. Apa saja kah itu? Berikut penjelasannya :

1. Planning

Planning adalah sebuah fungsi manajemen dasar yang melibatkan keputusan sebelumnya, tidak lain adalah berpikir sebelum tindakan terjadi. apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan, bagaimana hal itu harus dilakukan dan siapa yang akan melakukannya. Planning ini dapat membantu kita untuk mengintip ke masa depan dan memutuskan terlebih dahulu cara untuk menghadapi situasi yang akan kita hadapi di masa depan. Dalam laman bussinesstudy, planning memerlukan proses intelektual yang melibatkan pemikiran logis dan pengambilan keputusan rasional guna menetapkan tujuan dan mengembangkan berbagai tindakan agar mampu mencapai tujuan.

2. Organizing

Pengorganisasian adalah proses mengalokasikan dan menggabungkan sumber daya dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Fungsi organizing dalam manajemen adalah langkah penting yang melibatkan pengaturan wewenang, tugas, dan tanggung jawab bagi individu-individu dalam sebuah organisasi.

3. Actuating

Actuating (Pengarahan atau Penggerakan), adalah tahapan untuk membangkitkan dan mendorong semua anggota kelompok agar berkendak dan berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan dengan ikhlas serta serasi dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian dari pihak pimpinan.

4. Controlling

Controlling atau pengawasan adalah proses kegiatan pemantauan untuk memastikan bahwa hal yang dipantau tercapai sesuai rencana dan mengoreksi penyimpangan yang signifikan. Pengawasan bertujuan untuk memastikan bahwa kegiatan diselesaikan dengan cara yang mengarah pada pencapaian tujuan organisasi.

5. Evaluasi

Pada tahap evaluasi ini kita perlu memastikan bahwa rencana terlaksana dengan baik dan untuk mengantisipasi risiko yang mungkin muncul di masa depan. Evaluasi ini memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi masalah dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan.

Adapun manfaat dari manajemen organisasi yakni :

1. Mengefesienkan waktu

2. Menciptakan individu yang dapat melakukan pengelola dengan baik atau profesional

3. Mencapai tujuan lebih cepat

4. Menciptakan ruang lingkup yang baik

5. Mewujudkan individu yang berkualitas dalam mengerjakan tugas

6. Pengambilan keputusan yang cepat

Upaya agar manajemen organisasi dapat berhasil

1. Berkomunikasi dengan baik secara vertikal dan horizontal

2. Saling memotivasi

3. Saling membantu jika ada yang kesulitan

4. Memberitahu atau sharing pengalaman yang dapat berguna

5. Fokus terhadap apa yang bisa kita kontrol jangan memikirkan apa yang tidak bisa kontrol (perkataan orang lain)

Dalam menyelesaikan setiap masalah, kita perlu tau terlebih dahulu masalah yang terjadi tergolong pada masalah apa. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut :

1. Do (Lakukan Sekarang)

Urgent and Important. Tugas yang perlu segera diselesaikan karena penting dan mendesak.Contoh: Krisis mendadak, tenggat waktu yang segera, masalah kesehatan, atau masalah penting lainnya yang membutuhkan perhatian langsung.

2. Delegate (Delegasikan)

Urgent but Not Important. Tugas yang mendesak tetapi tidak harus dilakukan oleh Anda sendiri. Tugas ini bisa didelegasikan kepada orang lain.Contoh: Mengatur pertemuan, tugas rutin administrasi, atau tugas lain yang bisa dilakukan oleh bawahan atau rekan kerja.

3. Delay (Jeda waktu)

Not Urgent but Important. Tugas yang penting tetapi memiliki jeda yang cukup lama atau bahkan tidak memiliki jeda waktu untuk melakukannya. Contohnya seperti membaca buku. Membaca merupakan kegiatan yang penting tetapi tidak ada Batasan waktu yang jelas.

4. Delete (Menghapus)

Not Urgent Not Important. Tugas yang tidak memiliki manfaat yang jelas bagi kita sehingga tugas atau masalah tipe delete ini hendaknya tidak untuk dilakukan. Contohnya seperti mendengarkan perkataan orang lain yang membuat kita sulit berkembang. Hal itu merupakan tugas yang tidak perlu dilakukan karena tidak memiliki manfaat bagi diri kita.

Kelompok 4 PKPM Putri

PIP PRIPMDAPI
PIP PRIPMDAPI

Haloo, aku bidang PIP dari PR IPM DA Putri siap menampung karya-karya tulis santri putri Darul Arqam! 🙀❤️‍🔥📜

Articles: 5

Leave a Reply